HEADLINE NEWS

Warga Dusun Padak Desa Lembar Selatan Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19 di Tempat Ibadah

 


Lombok Barat - Peran serta masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid - 19 di lingkungannya diperlihatkan oleh masyarakan Dusun Padak Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar.


Masyarakat Dusun Padak Desa Lembar selatan Kec. Lembar sampai saat ini masih tetap konsisten menerapkan Protokol Covid 19 secara ketat dalam kegiatan ibadah di Masjid, jumat (28/8).


Ini dikatakan oleh Muhsin selaku tokoh agama / tokoh masyarakat Desa Lembar Selatan.


Muhsin yang juga merupakan Ketua BPD Desa Lembar Selatan menjelaskan ini tidak terlepas dari kesadaran masyarakat itu sendiri, Selasa (1/9).


"Dari awal terjadinya kasus Covid - 19 di Lombok Barat, masyarakat menyadari bahwa dengan menerapkan Protokol Kesehatan dapat mencegah penyebaran Covid - 19 di Lingkungannya," jelasnya.


Muhsin menerangkan pula bahwa dari diberlakukannya surat keputusan bersama tentang pembatasan kegiatan sosial tentang pembatasan kegiatan sosial warga dusun padak desa lembar selatan menanggapinya dengan tidak melaksanakan *sholat* *jumat* sementara waktu.


"Masjid kami tutup sementara waktu dan masyarakat sangat mematuhinya hingga dikeluarkannya kebijakan pemerintah tentang New Normal barulah masyarakat kembali *melaksanakan* *sholat* *jumat* " bebernya.


Namun demikian, sesuai dengan anjuran pemerintah kegiatan ibadah tetap mengacu kepada penerapan protokol kesehatan dimasa adaptasi kebiasaan baru.


"Sebelum melaksanakan ibadah Sholat Jum'at, masyarakat wajib mencuci tangan terlebih dahulu, menggunakan masker serta menjaga jarak," imbuhnya.


Adapun upaya pihak masjid untuk mengatur jarak antar jama'ah dengan cara memberikan tanda sehingga jarak antar jemaah tetap sesuai dengan protokol kesehatan.


"Tanda yang kita pasang dari awal terjadinya kasus Covid - 19 di Indonesia hingga saat ini tidak pernah kami buka. Karpet masjid juga belum kami pasang hingga saat ini," pungkasnya.


Untuk kegiatan sholat berjamaah itu sendiri, masyarakat membawa sajadah sendiri serta tetap mengenakan masker.


"Walaupun masyarakat masih tetap mematuhi Protokol kesehatan di tempat ibadah ini, kami dari pengurus masjid tetap selalu menghimbau dalam menerapkan protokol kesehatan Covid - 19 ini," lanjutnya.


Adapun dampak yang dirasakan oleh masyarakat yaitu sampai saat ini warga Dusun Padak Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar belum ada kasus Covid - 19.


"Alhamdulillah, ini dirasakan sendiri oleh masyarakat sampai saat ini warga kami belum ada yang terindikasi terpapar Covid - 19, " jelasnya.


Menurutnya, dampak yang dirasakan ini menjadi motivasi warga Dusun Padak untuk tetap selalu mematuhi Protokol Covid - 19 dalam kehidupan sehari-hari.


"Jadi, kebiasaan kebiasaan seperti ini tidak hanya diterapkan hanya ditempat ibadah saja, namun tetap akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," tandasnya.(LNG04) 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *