Puslitbang Polri Lakukan Penelitian di Polres Lobar Tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri - newsmetrontb

Tuesday, November 10, 2020

Puslitbang Polri Lakukan Penelitian di Polres Lobar Tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri


Lombok Barat - 
Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri, Bidang Tugas Pembinaan melakukan penelitian tentang Tata Kelola Sumber Daya Polri dalam implementasi Teknologi Informasi Polri di Polres Lombok Barat, Senin (9/11).


Ketua Tim Kombes Pol Drs. Yasirman selaku Analisis Puslitbang Polri, memimpin kegiatan ini di Mapolres Lobar, Kegiatan penelitian kali ini dilaksanakan pada jajaran Polda NTB, salah satunya di Polres Lombok Barat, meliputi wawancara dengan Pejabat, Pengisian Kuisioner khusus kepada anggota Polri yang bertugas Comand Center, serta pengumpulan data Inovasi aplikasi pelayanan publik,” ungkapnya.

Selain itu, dilakukan kegiatan observasi, terhadap peralatan teknologi informasi pada Sitipol di Mapolres Lombok Barat.

“Puslitbang Polri hadir di Polres adalah memotret tentang aplikasi yg ada di Polres, harapan kedepan Teknologi, Informasi dan Komunikasi dapat terintegrasi dari Mabes sampai ke Polres bahkan ke Polsek” ujarnya.

Dijelaskan bahwa, Pengisian kuisioner diikutin oleh anggota comand center, beserta para operator fungsi. 

“Tujuannya untuk merangkum kuisioner, di Seluruh Indonesia, kurang lebih 22 Polda,” imbuhnya.

Menurutnya, Polda NTB sudah banyak kemajuan, dalam mengembangkan aplikasi perkembangan Daerah dimana, inovasi teknologi ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan dalam tugas Kepolisian. 

“Maka direncananakan akan diterbitkan Peraturan Kapolri tentang pengembangan aplikasi ini agar ada payung hukumnya, sesuai dengan ketentuan yang ada,” lugasnya.

Dalam kuisioner ini, ditekankan bahwa harus benar-benar diisi sesuai dengan fakta yang ada, untuk keakuratan dalam mengumpulkan data, sehingga bisa terwujudnya Peraturan kapolri.


Jadi Polri kaya akan tupoksi, diantaranya Litbang polri yang memiliki kemampuan meneliti tugas kepolisian,” terangnya

Saat ini, Puslitbang Polri telah membangun kerjasama  dengan Lembaga-lembaga Penelitian, kalangan akademisi, serta kedepannya akan dilakukan Kerjasama antar kelembagaan.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments