Sukseskan Program Vaksinasi Steakholder Satgas Covid 19 Rakor Pendistribusian Vaksin di Kab. Sumbawa Barat - newsmetrontb

Sunday, February 7, 2021

Sukseskan Program Vaksinasi Steakholder Satgas Covid 19 Rakor Pendistribusian Vaksin di Kab. Sumbawa Barat

Pembahasan Terkait Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Serta Pendistribusian Vaksin di Kab. Sumbawa Barat. 

Sumbawa
- Sumbawa Barat Pada hari Minggu tanggal 07 Februari 2021 pukul 10.00 wita bertempat di Rumdis Dandim 1628/SB Jln. Labuan Balad Lingk. Serangin. Kel. Bugis. Kec. Taliwang telah berlangsung kegiatan Pembahasan Terkait Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Serta Pendistribusian Vaksin di Kab. Sumbawa Barat. 

Pada kesempatan tersebut Dandim 1628 / Sumbawa Barat LETKOL Czi SUNARDI ST, M,IP menyampaikan untuk mendukung kelancaran semua proses program vaksinasi mulai dari pengawalan  saat distibusi, saat sosialisasi, sampai saat pelaksanaan vaksinasi menjadi tugas dan tanggung jawab semua stekholder satgas covid 19 baik dari  Kodim 1628/SB, Polres beserta Sat Pol PP Kabupaten sumbawa barat, BPBD, Dinas kesehatan Kabupaten sumbawa barat, ungkap  Dandim.

Selain itu  Dandim juga menyampaikan untuk Posko  Covid-19 di Desa Desa yang  bertujuan untuk memberi edukasi kepada masyarakat 3 M dan 3T serta sosialisasi tentang Vaksin Covid, agar terus bersinergi jangan kenal kata menyerah, terus berikan keyakinan kepada masyarakat agar meningkat kesadaran mandiri sehingga akan lebih mudah dalam upaya percepatan penanganan  cegah dan putus mata rantai covid -19, pungkas Dandim. 

Sedangkan Penyampaian perwakilan dari BPBD Plt Kabid Darlog Yuliana St M. Eng  Terkait dengan paradigma ditengah masyarakat adanya ketakutan yang dialami oleh masyarakat sehingga untuk Proses Vaksinasi 

Perlunya pendekatan persuasif melalui  sosialisasi dan  edukasi kepada masyarakat sehingga memberi pemahaman kepada masyarakat sehingga tidak ada lagi Kehawatiran di tengah masyarakat untuk  digelar giat Vaksinasi

Sementara Kadis Kesehatan  H Tuwuh, S, A.P., menyampaikan bahwa masih ada sebagian 

masyarakat yang berasumsi negatif karena tidak mengetahui manfaat Vaksinasi, untuk tahap pertama  tujuan Vaksinasi  setelah Forkopimda adalah untuk tenaga kesehatan yang berada di Puskesmas mengingat para medis dibutuhkan kesiapan dalam memberikan bantuan penanganan pasien kasus covid serta mencegah penyebaran serta putus matarantai  Covid-19.

Selain itu Prioritas Vaksinasi juga akan diberikan kepada ASN, TNI, Polri dan masyarakat , terkait dengan proses Rapid Anti Gen dilakukan melihat dari kriteria Masyarakat yang terindikasi atau tidaknya setelah treking secara skala priotitas sehingga lebih efektif dan efisien serta tepat sasaran, ungkap Kadis. 

Dijelaskan Kadis untuk Jadwal distribusi Vaksin hari Senin akan dibagi menjadi 1 tim dari pihak Diskes Untuk pendistribusian Vaksin Covid-19 ke Puskesmas Jereweh, Maluk, Sekongkang dan Tongo, rencana pendistribusian di Rumah Sakit Asy-Syifa akan dilakukan sore sekitar Pukul 14.30 wita, Untuk Hari Selasa akan dibagi menjadi 2 tim dari Diskes Untuk pendistribusian Vaksin Covid-19 ke Puskesmas Taliwang, Brang Ene, Brang Rea, Seteluk dan Poto Tano. 

Dalam melakukan Pengepakkan Vaksin saat berada di Puskesmas diperlukan suhu yang stabil antara 8 Celcius untuk menjaga kualitas Vaksin yang akan di diberikan, pihak Kesehatan menyediakan 2 Unit R4 dalam melakukan pendistribusian Vaksin di masing-masing wilayah di Kab. Sumbawa Barat. 

Diketahui jumlah masker yang telah beredar di masyarakat hampir semua masyarakat telah memiliki masker namun penerapan sehari-harinya masih banyak masyarakat yang menyimpan maskernya di dalam kantung sehingga penularan di tengah masyarakat masih gampang terjadi.

Mengingat  resiko penularan Covid-19 tidak ada batasan dalam penularannya dikarenakan Covid penyebarannya melalui proses kontak fisik antara masing-masing individu dengan individu lain ditengah masyarakat, jelad Kadis.

Adapun hadir pada kegiatan rakor tersebut Dandim 1628/SB, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Diwakili oleh Plt Kabid Darlog YULIANA St M. Eng,Kepala Dinas Kesehatan H. TUWUH S.AP, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Drs. H. Hamsah, Danramil 1628-01/Taliwang Kapten Inf Nyoman Suarka Paurmin Bag Ops Polres Sumbawa Barat IPTU Soesant, Pasiops Kodim 1628 sumbawa barat Lettu Inf Afifudin.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments