HEADLINE NEWS

Di Kelurahan Ini, STBM Tuntas Sampai Ke Tingkat RT


Sumbawa Barat - Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat telah berhasil menuntaskan pilar 4 dan pilar 5 program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) yang berada di wilayahnya.

Dalam laporannya, kordinator ASN dan PTT Kelurahan Telaga Bertong, Ajad Sajadah mengatakan bahwa, keterlibatan ASN dan PTT dalam program STBM itu sendiri, semata-mata  sebagai motor penggerak untuk terlibat langsung memberikan pemahaman tentang pentingnya berprilaku hidup bersih dan sehat kepada semua masyarakat, instansi vertikal dan semua stekholder.

"Di Kelurahan Telaga Bertong tidak ada yang superior, sebab semuanya sudah membaur dalam satu tim, dimulai dari Lurah, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, staf Kelurahan, Kepala lingkungan, RT, agen PDPGR, ASN dan PTT.

Ia juga menuturkan, pihaknya mendeklarasikan diri bersama tim untuk menuntaskan pilar 4 dan 5 dalam waktu 10 hari, namun yang tidak kalah pentingnya lagi, bagaimana berprilaku hidup bersih dan sehat dan alhamdulilah berkat kolaborasi semua tim bisa kami lakukan.

Dia mengungkapkan, terima kasih kepada masyarakat telaga bertong yang sudah peduli dengan lingkungannya. Setelah sambutan, dilakukan pembacaan surat verifikasi tingkat Kelurahan Telaga Bertong oleh ketua verifikasi Kecamatan, Juswati, SH yang mengatakan bahwa, Kelurahan Telaga Bertong sudah menyelesaikan 80 persen pilar 4 dan pilar 5 baru mencapai 85 persen.

Lurah Telaga Bertong, Syaiful Muslimin, SE dalam sambutan menyampaikan bahwa, Kelurahan Telaga Bertong sudah berkomitmen mendukung program STBM dari tahun-tahun sebelumnya, mulai dari pilar satu sampai lima.

Ia juga menjelaskan, terkait kendala yang dihadapi oleh masing-masing pilar seperti pilar 4, warga sudah mulai tertib mengelola sampah rumah tangga, namun masih kekurangan armada pengangkut sampah seperti lingkungan Perjuk yang belum ada layanan pengangkutan sampah.

Begitu juga pilar 5, terdapat 2 RT di lingkungan Perjuk Balat yang harus ditangani dengan sistem IPAL Komunal. Mengingat kondisi permukiman yang sangat padat dan tidak beraturan. 

Kendala tersebut sebelumnya sudah disampaikan secara resmi oleh Lurah Telaga Bertong kepada SKPD terkait. Baik itu permohonan penambahan armada pengangkut sampah, maupun surat minat IPAL KOMUNAL yang disampaikan pada tahun 2020 lalu.

"Kami sudah menyelesaikan pilar 4 dan 5 dalam waktu 10 hari, dengan luas wilayah Kelurahan Telaga Bertong 1.247 Ha, jumlah 6 lingkungan, 28 RT, 6 Peliuk, 1.996 KK, 6.678 penduduk dan rumah sebanyak 1.746," urai Lurah yang dikenal dekat dengan warganya.

Camat Taliwang, Aku Nurrahmadin, S. Pd memberikan apresiasi kepada Kelurahan Telaga Bertong. Karena Kelurahan Telaga Bertong satu-satunya Kelurahan yang mendeklarasikan diri sampai tingkat RT, Ini hanya ada di Kelurahan Telaga Bertong. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Lurah, RT, agen PDPGR, ASN, PTT dan Kepala Lingkungan yang sudah mendeklarasikan diri. Dia menjelaskan, bukan hanya kita mengacu pada angka dalam penuntasan STBM, namun yang terpenting adalah bagaimana membangun pola pikir dan mengangap ini sebagai kebutuhan untuk kesehatan. 

"Semoga silaturahmi, kreasi, kekompakan dan berbagai inovasi bisa tetap ada di Kelurahan Telaga Bertong ini," jelasnya kepada media ini, Sabtu, (5/6).

Setelah itu, Lurah Telaga Bertong membacakan naskah deklarasi tuntas STBM pilar 4 dan 5 yang diikuti oleh para tamu undangan. Hadir dalam acara tersebut, pembina STBM tingkat Kabupaten, Danramil Taliwang, Kapolsek Taliwang, kepala lingkungan se Kelurahan Telaga Bertong, RT se Kelurahan Telaga Bertong dan instansi vertikal. (LNG05)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *