Press Trip Forum Wartawan NTB: Publikasi Untuk Sinergi Pembangunan - newsmetrontb

Thursday, September 2, 2021

Press Trip Forum Wartawan NTB: Publikasi Untuk Sinergi Pembangunan

Sumbawa Barat - Untuk meningkatkan inovasi dan cakrawala pemberitaan tentang program pembangunan di Provinsi NTB, Forum Wartawan Pemerintah Provinsi NTB menggelar Press Trip di Kabupaten Sumbawa Barat, Kamis (2/9/2021). 

"Selama ini, Press Trip yang dilakukan teman-teman Pers selalu keluar daerah. Namun kegiatan kali ini dilakukan agar media dapat melihat sisi lain di daerahnya sendiri. Karena potensi daerah sangat banyak untuk diketahui dan dipublikasikan,"
kata Kadis Kominfotik NTB Dr. Najamuddin Amy, S. Sos., M.M., di ruang kerjanya setelah melepas keberangkatan Forum Wartawan Pemprov NTB.

Termasuk program program unggulan  pemerintah NTB yang bersinergi dengan program pemerintah Kabupaten/Kota, sehingga dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk saling mendukung dan bersinergi.

"Itulah penting dan perlunya Press Trip di daerah sendiri, agar semua kabupaten/kota se-NTB dapat diketahui masyarakatnya sendiri bahkan dunia," tutup Doktor Najam.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. Ir. H. Musyafirin, M.M.,  menyambut baik kunjungan Press Trip yang dilakukan Forum Wartawan Pemerintah Provinsi NTB. Menurutnya kehadiran pers sangat penting sebagai media publikasi program pembangunan yang ada di NTB maupun daerah.

Apalagi keberadaan KSB yang merupakan satu - satunya Kabupaten di Indonesia yang berhasil menuntaskan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Bahkan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, H. Sitti Rohmi Djalillah mengapresiasi capaian yang telah berhasil diraih oleh pemerintah KSB. 

"Ini juga sejalan dengan Program NTB Gemilang, NTB Sehat dan Cerdas, yang salahsatunya Bebas BAB Sembarangan," ungkap Bupati ketika menerim kunjungan Forum Wartawan Pemerintah Provinsi NTB di lantai 3 Setda Sumbawa Barat.

Ia juga menjelaskan program ini berhasil berkat dukungan Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Pusat dan seluruh unsur di KSB. Prosesnya panjang, sejak tahun 2016 sudah di bangun instrumen pendukung untuk mensuksekan program ini.

Beberapa program strategis lain juga dipaparkan, seperti pembangunan bandara, bendungan, smelter hingga pengembangan destinasi wisata di KSB.

Selain itu, Bupati juga meminta agar peran media dalam mendukung setiap program pembangunan Pemda. "Mampu mementingkan kepentingan masyarakat di atas kepentingan lainnya,"tutup Bupati.

Disaat yang sama, Ketua Forum Wartawan Pemerintah Provinsi NTB Fahrul Mustafa menyampaikan kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Kominfotik NTB ini rutin dilaksanakan. Rencana kunjungan ke KSB sudah lama. Namun karena keadaan pandemi Covid-19 sempat tertunda.

Kunjungan ke KSB sangat penting, karena dengan publikasi media, program yang sudah diakui Nasional, dapat menjadi percontohan daerah lain di NTB bahkan provinsi tentang sanitasi nasional. 

"Kami datang dengan menghadirkan 38 orang dari media nasional dan lokal se-NTB," kata Fahrul.

Usai kunjungan dan silaturahmi bersama Bupati, Ketua DPRD KSB, Kepala BNN, Dandim, Kapolres, Sekda KSB dan unsur Forkopimda KSB, Press Trip dilanjutkan dengan kunjungan ke Pantai Balad di KSB dan silaturahmi dengan Kodim 1628 Sumbawa Barat yang diterima langsung oleh Dandim dan Kasrem.

Rencananya, kunjungan dihari esoknya akan diteruskan mengunjungi UTS di Kabupaten Sumbawa untuk melihat Bincang Gemilang dengan Bupati Sumbawa dan beberapa narasumber lain.  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments