Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, KSB Akan Dijadikan Kabupaten Smart City - newsmetrontb

Tuesday, January 11, 2022

Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat, KSB Akan Dijadikan Kabupaten Smart City

Sumbawa Barat - Di Tahun 2022 ini Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan dijadikan kota pintar atau smart city. Untuk menjadikan Kabupaten smart city, pemerintah Sumbawa Barat akan membuat inovasi agar sistem kerja masyarakat terkelola dengan baik melalui teknologi informasi.

Kota pintar (smart city) merupakan upaya-upaya inovatif yang dilakukan ekosistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat.

Kementerian Kominfo melalui Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) bersama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kantor Staf Presiden, Kementerian Keuangan, Kemenko Perekonomian, dan Kementerian PANRB menginisiasi penyelenggaraan Gerakan Menuju 100 Smart City.

"Konsep smart city di KSB akan memakai adat dan istiadat yang dibuat menjadi sistem informasi," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika KSB, Drs. H. Burhanuddin, MM kepada media ini, Selasa, (11/1/2022) diruang kerjanya.

Ia juga mengatakan, tahapan untuk membuat kota pintar (smart city), pertama, pihaknya akan membuat master plant tentang smart city. Kedua langkah-langkah ringkas dan ketiga, rencana tindakan di dalam smart city. 

"Kami dari pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, kami akan bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk, Kementrian, dunia usaha dan perbankan. Mudah-mudahan anggaranya bisa di akomodir melalui APBD, Swasta dan perbankan," ungkap Burhan.

Ia berharap, semoga ide besar untuk membangun kota pintar (smart city)  bisa terwujud agar taraf hidup masyarakat bisa ditingkatkan.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments