Mahasiswa KKN Unram Ciptakan Produk Hand Sanitizer Dan Sabun Dari Ekstrak Daun Mangrove - newsmetrontb

Monday, February 7, 2022

Mahasiswa KKN Unram Ciptakan Produk Hand Sanitizer Dan Sabun Dari Ekstrak Daun Mangrove


Lombok Barat - Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan produk hand sanitizer dan sabun dari ekstrak mangrove di lokasi wisata mangrove bagek kembar dusun Madak Desa Cendi Manik  Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat dengan judul “Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Mangrove Menjadi Produk Hand Sanitizer dan Sabun Mangrove Guna Meningkatakan Ekonomi Desa Cendi Manik”.


Dalam pelaksanaannya kegiatan ini dibuka oleh Kepala desa Cendi Manik (Marne, S.Pd) dan dihadiri oleh Pihak desa, Pokdarwis, ibu-ibu PKK, dan Karng Taruna bersama kelompok KKN-Tematik UNRAM Desa Cendi Manik. Kegiatan pelatihan pembuatan produk dipandu oleh saudari Ni Wayan Siska Dewi dari fakultas MIPA UNRAM dibantu oleh rekan-rekan kelompok KKN Tematik UNRAM, Kamis (27/01/22).


Ni Wayan Siska Dewi dalam pelatihan menyampaikan bahwa “Daun Mangrove memiliki kandungan senyawa metabolit skunder yaitu steroid atau triterpenoid, saponin, flavonoid dan tanin, sehingga berpeluang dapat dimanfaatkan menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan saat pandemic Covid-19 dan masih banyak lagi manfaat lainnya sehingga akan sangat baik jika dikembangkan di masyarakat apalagi diberi inovasi dalam penyajiaannya dalam bentuk produk baru”.


Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan produk ini merupakan salah satu dari 3 program kerja utama kelompok KKN-Tematik UNRAM Cendi Manik sebagai bentuk aplikasi dari tema KKN Desapreneur. Sosialisasi dan Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan inovasi dalam pemanfaatan sumber daya lokal yang ada di Desa Cendi Manik agar dapat diterapkan secara berkelanjutan oleh masyarakat setempat.


Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan sebagai  bentuk partisipasi mahasiswa kelompok KKN-Tematik UNRAM Desa Cendi Manik untuk menciptakan inovasi dalam mengembangkan Sumber Daya Lokal Masyarakat Desa Cendi Manik dalam bentuk pemanfaatan Ekstrak daun Mangrove yang kemudian diolah menjadi hand Sanitizer dan sabun mangrove. Besar harapan kami agar produk ini dapat dimanfaatkan dan dikembangkan kedepannya oleh masyarakat setempat terutama Pokdarwis dan ibu-ibu PKK sehingga bisa menjadi usaha baru yang dapat meningkatakan eknomi masyarakat Desa Cendi Manik” Jelas Ketua KKN-Tematik UNRAM Desa Cendi Manik 2021/2022 Lalu Rizal Rabbany.


Kegiatan sosialisasi dan pelatihan cipta produk hand sanitizer dan sabun mangrove ini mendapat dukungan penuh dari pihak desa Cendi Manik, Pihak Pokdarwis, Karang Taruna dan ibu-ibu PKK juga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut.

“Terima kasih kami sampaikan kepada adik-adik mahasiswa atas pelatihannya karena telah memberikan inovasi yang luar biasa untuk memanfaatkan sumber daya yang ada yang sebelumnya hutan mangrove ini hanya sebagai object wisata saja, sekarang dapat di manfaatkan dalam bentuk produk hand sanitizer dan sabun mangrove.”

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan produk hand sanitizer ini dirangkaikan dengan sesi tanya jawab. Terlihat dengan jelas antusias ibu-ibu PKK dan anggota Pokdarwis dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan terkait produk dan didukung oleh pemberian apresiasi dari peserta yang hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut.


Pada acara penutupan kegiatan sosialisasi dan pelatihan tesebut, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis produk yang telah dikemas dengan rapi dan siap dipasarkan yang diwakili oleh ketua kelompok KKN-Tematik UNRAM Desa Cendi Manik Periode 2021-2022 Lalu Rizal Rabbany kepada pihak Pokdarwis yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak H. Agus Alwi selaku Ketua Pokdarwis.

@lombokepo Grill Pan Korea Datar Anti Lengket #grillpan #antilengket #shopmaster ♬ suara asli - Lombokepo

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments