Dirjen PDSPKP Safari Gemarikan Bersama Dengan Anggota Komisi IV DPR RI - newsmetrontb

Sunday, February 2, 2020

Dirjen PDSPKP Safari Gemarikan Bersama Dengan Anggota Komisi IV DPR RI

Kabupaten Bima - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) saat ini terus mendongkrak angka konsumsi ikan melalui kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dikarenakan ikan sebagai sumber gizi dan protein.

Hal itu diungkapkan, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikana ( KKP) Dr. Agus Suherman langsung melihat ibu-ibu yang melakukan lomba memasak ikan di jalur dua panda pada Minggu, (02/2).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir anggota Komisi IV DPR RI H. Syafrudin, ST., MM, Sekda Kabupaten Bima, Asisten I, Ketua PKK dan Ketua Darma Wanita, seluruh OPD, Camat se Kabupaten Bima, Kepala Desa bersama sejumlah anggota dan Muspika serta ribuan anak sekolah mulai dari SMA, SMP, SD dan masyarakat.

Menurut Dr. Agus Suherman selain meningkatkan angka konsumsi ikan, Gemarikan bertujuan membangun kesadaran gizi masyarakat melalui konsumsi ikan sebagai sumber gizi.

“Berdasar Survei Sosial Ekonomi Nasional dari Badan Pusat Statistik (BPS), angka konsumsi ikan di Kabupaten Bima tahun 2019 sudah di atas 47 kg/kapita, sedangkan yang ditargetkan sekitar 39 kg/kapita. Akan tetapi angka kosumsi ikan Kabupaten Bima naik drastis," kata Dr. Agus Seherman.

Ia juga menjelaskan, Dari posisi produk ikan, pihaknya tetap akan mendorong sehingga produk perikanan dan kelautan di Kabupaten Bima seperti ikan dan produk garam bisa laku dipasar internasional, Hal ini tidak terlepas dari dorongan maupun dukungan dari pemerintah daerah agar ini tercapai.

Anggota Komisi IV DPR-RI Syafrudi, ST., MM mengatakan sangat mendukung program-program yang berkaitan dengan perikanan dan kelautan di Bima khususnya, seperti program Safari Gemarikan yang kedua dilaksanakan di Kabupaten Bima dan program kerja Kementrian yang pertama di Aceh Utara di tahun 2020 ini.

“Kita harapkan kedepan semua pihak mendukung semua program pemerintah pusat dengan harapan pemerintah daerah harus mendukung program sehingga bisa mendongrak perekonomian masyarakat," tuturnya.

Sementara itu Bupati Bima yang diwakilih oleh Sekda H. Taufik menyebutkan akan mendukung seluruh program pemerintah pusat demi kesejahteraan masyarakat, termasuk Safari Gemarikan dan produksi garam.

“kita juga telah meminta sejumlah usulan program kepada Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang berkaitan bidang kelautan dan perikanan dengan potensi alam Kabupaten Bima," ujarnya.

Dalam kesempatan itu diserahkan mobil ATI untuk Dinas KKP Kabupaten Bima yang nantinya kendaraan tersebut dapat digunakan untuk menunjang kegiatan kampanye kelautan dilapangan. (LNG05)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments