HEADLINE NEWS

Bunda Niken Serahkan Bantuan di KSB, Ajak Masyarakat Bantu UMKM




Sumbawa Barat - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah SE,M.Sc bersama dengan pemerintah daerah secara aktif membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 di NTB. Kali ini bantuan diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). 

Pada kegiatan penyaluran bantuan yang berlangsung di Kediaman Bupati KSB, Jum'at (17/7/2020) siang itu, Ketua TP-PKK yang akrab disapa Bunda Niken ini menyampaikan apresiasinya kepada Pemda KSB dalam upayanya menurunkan angka Covid-19.

"Kami sampaikan salam dari Bapak Gubernur. Tentu saja kondisi saat ini merupakan sebuah hasil dari segala upaya yang sungguh-sungguh" jelasnya.

Dampak dari Covid-19 tidak hanya dari sisi kesehatan saja, akan tetapi berdampak juga dari berbagai sisi kehidupan, terutama ekonomi masyarakat. Oleh karenanya, TP-PKK ikut menyalurkan bantuan untuk membantu masyarakat terutama di kalangan ibu-ibu di tengah pandemi.

Bantuan tidak hanya disalurkan melalui TP-PKK, tapi juga melalui Lasqi dan Dekranasda. Hal ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak dan dukungan terhadap ibu-ibu di NTB. "Kami menyalurkan beberapa bantuan untuk menanggulangi dampak ekonomi dari Covid itu. Kami atas nama Pemerintah Provinsi memberika bantuan untuk ibu ibu," imbuhnya.

Adapun bantuan bantuan yang diberikan berupa paket gemarikan sebanyak 150 paket, paket bantuan sosial Lasqi sebanyak 80 paket untuk pelaku seni, paket bantuan sosial Dekranasda sebanyak 141 paket dan bantuan unggas untuk 7 keluarga yang memiliki balita dan ibu hamil yang memiliki masalah gizi.

Dalam kesempatan tersebut Bunda Niken mengajak semua pihak untuk bersama-sama membeli produk-produk yang dihasilkan UMKM dan IKM di NTB. " Kami juga berharap agar Pemda KSB terus memberikan perhatiannya kepada pelaku usaha kecil dan menengah sehingga mereka terus berkembang," katanya.

Sementara itu, Bupati KSB, Dr. H. W. Musyafirin, mengapresiasi segala upaya yang dilakukan oleh TP-PKK Provinsi NTB maupun TP-PKK KSB dalam rangka menanggulangi dampak ekonomi akibat Covid ini. 

Ia juga meminta agar semua pihak turut bekerja dan membantu aktivitas UMKM dan IKM lokal agar terus berkembang di masa pandemi ini. "Saya minta tolong ini bagaimana kita kembangkan, karena terbukti hanya UMKM yang mampu bertahan dari cobaan apapun," pintanya. 

Menurutnya, menggeliatnya UMKM dan IKM nantinya akan berdampak juga pada sektor pariwisata yang selama ini menjadi salah satu andalan NTB. "Melalui momentum ini, saya ingin bagaimana Dekranasda dengan produk-produk unggulannya itu bisa kita kembangkan," ucapnya. 

Dalam kesempatan itu Bupati juga mengemukan bahwa KSB memilki beberapa program bantuan pada masyarakat yang terdampak pandemi. "Jadi berapapun paket itu, kita akan tambah dia. Sama halnya dengan JPS Gemilang senilai dengan 250 ribu, kita subsidi dia lagi 350 ribu sehingga menjadi nilainya menjadi 600 ribu," ucapnya. 

Jadi semua paket yang diterima oleh masyarakat KSB yang terdampak Covid bernilai Rp 600 ribu.

Sementara itu Ketua TP-PKK KSB Hj. Hanipah Musyafirin, S.IP melaporkan bahwa TP-PKK KSB dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini terus mendampingi dan melakukan kegiatan yang meningkatkan semangat ibu-ibu di daerah ini.
Pemberian sembako juga disalurkan oleh TP-PKK KSB dan secara langsung turun ke pusat-pusat keramaian untuk memberikan edukasi terkait protokol Covid-19. 

"Kami juga sudah membagikan 500 paket sembako ke 8 kecamatan dan 2.000 masker ke 8 kecamatan. Begitu juga kecamatan-kecamatan dan kelurahan meneruskan hal ini dengan membuat masker sendiri dan membagi kepada Masyarakat," ungkapnya.(Humas NTB/LNG04) 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *