Peringati Hari Pahlawan, Forkopimda NTB Ziarah Nasional di TMP Majeluk - newsmetrontb

Wednesday, November 11, 2020

Peringati Hari Pahlawan, Forkopimda NTB Ziarah Nasional di TMP Majeluk


Mataram
- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember 2020, Forkopimda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Majeluk Kota Mataram, Selasa (10/11/2020).


Agenda yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut diawali dengan upacara pemberian penghormatan kepada arwah para pahlawan dan peletakan karangan bunga di tugu makam pahlawan oleh Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., selaku Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan tabur bunga di makam pahlawan, seluruhnya berlangsung khitmat, tertib dan lancar.


Usai mengikuti kegiatan tersebut, Danrem 162/WB dalam wawancaranya dengan awak media mengatakan, kegiatan ziarah di Taman Makam Pahlawan pada Hari pahlawan bertujuan untuk melestarikan budaya ataupun tradisi yang luhur untuk selalu menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan.


Menurutnya, sejarah sangat dominan bagi kemajuan suatu bangsa, karena itu para generasi muda sebagai penerus bangsa wajib mengenal dan melanjutkan semangat maupun motivasi para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan, sebagaimana pesan Presiden Sukarno agar bangsa Indonesia tidak meninggalkan sejarah.


"Jasmerah, Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah. Itu petunjuk utama Pak Karno," tegas Jenderal Bintang Satu itu.


Oleh sebab itu, Brigjen TNI Rizal Ramdhani berharap, pendidikan tentang sejarah perjuangan para pahlawan selalu diberikan kepada para pelajar ataupun generasi muda agar tahu sejarah bangsa Indonesia, sehingga merekapun paham dengan makna dari Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 Nopember.


"Terkait hal itu, kami mendorong kepada instansi terkait khususnya Kemendikbud untuk selalu memberikan pelajaran-pelajaran tentang Pahlawan Nasional termasuk Pahlawan Revolusi dan lainnya," pungkasnya.


Selain Wakil Gubernur NTB dan Danrem 162/WB, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakapolda NTB Brigjen Pol Drs. Asby Mahyuza, Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, SH., Danlanud ZAM Rembiga diwakili Kadispers Lanud ZAM Letkol Adm I D. Gede Agung, S.I.P, Wakil Kejati NTB Purwanto Joko Irianto dan Sekda Prov. NTB Drs. H. Lalu Gita Aryadi, M.Si. (*)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments