HEADLINE NEWS

Polsek Mataram Cek Keamanan Rutan


Mataram - 
Polsek Mataram secara rutin melaksanakan kontrol dan pemeriksaan kepada pengunjung tahanan yang berkunjung Hal tersebut dilaksanakan untuk memastikan keamanan tahanan serta petugas jaga. Selain itu, petugas juga rutin melaksanakan pemeriksaan terhadap ruang tahanan.  Kamis Pagi (12/11/2020),Kanit Samapta Polsek Mataram, AKP I KETUT SUDARTHA selaku piket Pawas bersama Kepala SPK dan anggota Unit Provost dan Piket Fungsi memimpin langsung jalannya kegiatan penertiban dan Razia ruang tahanan Polsek Mataram. 

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan tahanan dalam keadaan sehat dan lengkap. Serta menghindari barang - barang yang tidak diperbolehkan masuk kedalam ruang tahanan.

Selain mengecek jumlah tahanan. Pengecekan ruang tahanan tersebut dilakukan dengan tujuan mengecek kesehatan tahanan juga mengecek barang-barang yang berada di dalam ruang tahanan. " Kami lakukan penertiban dan razia terhadap tahanan di Rutan Polsek, dan tidak didapati barang-barang terlarang di dalam rutan, ungkap Kapolsek Mataram, AKP Rafles P Girsang.


Penekanan lain Rafles kepada piket fungsi, untuk memperketat jam besuk dan membatasi jumlah pengunjung bagi tahanan. Serta  memastikan barang bawaan dari luar harus benar-benar melalui proses pemeriksaan yang ketat oleh anggota. ‘’ Tidak diperkenankan ada barang-barang yang bisa membahayakan jiwa para tahanan atau barang-barang yang bisa dipergunakan oleh tahanan sebagai sarana untuk kabur atau melarikan diri dari ruang tahanan, dan buku mutasi harus di isi sesuai dengan situasinya, terang Rafles.


Disampaikan juga oleh Kapolsek Mataram AKP Rafles Girsang, perlunya kewaspadaan bagi piket Pawas dan piket fungsi dalam pelaksanaan tugas jaga tahanan. Agar jangan sampai lengah apalagi terlena dengan situasi yang dianggap landai. ‘’ Kesiapsiagaan harus tetap kita tingkatkan dan pastikan kondisi rutan harus benar benar steril. Ini dimaksudkan agar tidak ada peluang atau celah bagi para tahanan untuk melakukan hal-hal yang tidak diinginkan,’’ tegasnya.  


Rafles juga menambahkan, Anggota Piket Fungsi selalu dituntut untuk siaga dan peka terhadap kondisi ruang tahanan maupun keadaan tahanan. ‘’ Jangan sampai ada tahanan yang melarikan diri atau pun sakit bahkan meninggal dunia dalam ruang tahanan,’’ tegas Rafles. 


Secara keseluruhan kegiatan pengecekan ruang tahanan Polsek Mataram berjalan dengan aman dan lancar. (*)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *