Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram Beri Pelatihan Pembuatan Pakan Suplemen Urea Molases Blok - newsmetrontb

Thursday, February 10, 2022

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram Beri Pelatihan Pembuatan Pakan Suplemen Urea Molases Blok


Lombok Barat - Kecamatan Sekotong Lombok Barat memiliki mata pencaharian sebagai petani, peternak dan nelayan. Peternakan yang ada di wilayah sekotong meliputi ternak sapi, ayam dan kambing. Masyarakat Kecamatan Sekotong masih masih memberikan pakan ternak alami berupa dedaunan yang diperoleh di sekitar rumah warga. 


Usaha penggemukan ternak khususnya ternak ruminansia besar seperti sapi menjadi tujuan pemeliharaan para petani peternak agar mendapat keuntungan yang lebih besar. Metode penggemukan yang dilakukan sejak dahulu antara lain dengan melakukan kastrasi, sapi kereman serta memberikan pakan tambahan seperti konsentrat dan lain-lain. Akan tetapi usaha penggemukan tersebut terkadang tidak ekonomis jika diperhitungkan secara agribisnis karena waktu pemeliharaan yang panjang. Oleh sebab itu, maka perlu dilakukan upaya guna memperpendek waktu penggemukan agar para peternak dapat dengan cepat menikmati hasil jerih payahnya. Salah satu cara penggemukan yang dapat dilakukan agar dapat mempercepat waktu penggemukan adalah dengan memberikan pakan suplemen pada ternak.


Pakan suplemen ini dapat diramu dengan beberapa limbah pertanian dan limbah industry yang dibuat dalam bentuk blok sehingga dapat disediakan secara terus menerus didalam kandang dan disajikan dengan cara di jilat.


Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Cendi Manik Universitas Mataram melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan UMB (Urea Molases Block) atau suplemen ternak guna meningkatkan nafsu makan, meningkatkan fermentasi dalam rumen, meningkatkan produksi mikroba rumen, mensuplay mineral mineral essensial, meningkatkan kecernaan serat kasar (limbah pertanian), dan memperpendek waktu pemeliharaan dalam usaha penggemukan. Pelatihan ini dibawakan oleh Rista Mandiri (Perternakan, 2018) dan dibantu oleh Mahasiswa KKN lainnya. 


Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak sekdes Cendi Manik, staff kantor Desa Cendi Manik dan warga sekitar sebagai peserta kegiatan. “Harapannya melalui kegiatan ini masyarakat dapat mempercepat waktu pemeliharaan ternak dan mengembangkan usaha pakan ternak khususnya di daerah Cendi Manik” disampaikan oleh Siska perwakilan Mahasiswa KKN Universitas Mataram.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments