Mahasiswa Tematik KKN Unram Ajak Masyarakat Pandan Duri Berinovasi - newsmetrontb

Wednesday, February 9, 2022

Mahasiswa Tematik KKN Unram Ajak Masyarakat Pandan Duri Berinovasi


Lombok Timur - Mengajak Masyarakat Berfikir Kreatif Untuk  Menciptakan Inovasi Baru Yang Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Pandan Duri Kecamatan Terara Lombok Timur


Mahasiswa KKN tematik Unram periode 2021/2022 mengajak masyarakat khususnya para pengrajin yang ada di Desa Pandan Duri Kecamatan Terara Lombok Timur untuk sama" berfikir kreatif agar bisa menciptakan kerajinan anyaman baru selain bakul. Kerajinan yang di hasilkan saat ini terdiri dari : 


1. Topi Sumpe 


Topi Sumpe merupakan topi yang berbahan dasar Sumpe yang di anyam oleh para pengrajin di Desa Pandan duri khususnya kampung Montong sura' yang mayoritas penganyamnya yaitu ibu" rumah tangga yang menjadikan anyaman ini sebagai salah satu mata pencaharian sampingan selain menjadi petani. 


2. Hiasan dinding berupa cermin 


Hiasan dinding merupakan salah satu inovasi mahasiswa KKN tematik Unram bersama masyarakat desa pandan duri untuk mengembangkan perekonomian masyarakat. hiasan ini  berbahan dasar bambu dan cermin yang di buat sedemikian rupa oleh masyarakat yang memiliki banyak fungsi diantaranya sebagai hiasan kamar, dan dapat di manfaatkan sebagai cermin. 


3. Bakul


Bakul merupakan alat perlengkapan dapur yang berbahan dasar bambu yang dianyam oleh masyarakat desa pandan duri khususnya dusun grepik dan gunung ulang. 


Kerajinan bakulan ini merupakan salah satu usaha yang ditekuni oleh masyarakat di desa pandan duri sebagai salah satu sumber mata pencaharian.


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments