Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Kotoran Ternak dan Sampah Organik Menjadi Biogas, Pupuk Cair dan Pembuatan Kompos - newsmetrontb

Wednesday, February 9, 2022

Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Kotoran Ternak dan Sampah Organik Menjadi Biogas, Pupuk Cair dan Pembuatan Kompos


Mataram - Kelompok KKN Tematik Unram 2022 di Desa Beririjarak melakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai pembuatan kompos, biogas, dan pupuk cair yang memanfaatkan kotoran ternak dan sampah organik sebagai bahan utamanya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 8 Februari 2022 yang berlokasi di Desa Beririjarak, Dusun Ambengan Barat, tepatnya di Kandang Kelompok Tani Ternak "Bernong". 


Sosialisasi dan Pelatihan ini melibatkan Dinas Lingkungan Hidup Lombok Timur sebagai pemateri atau narasumber dengan sasaran utamanya adalah kelompok tani ternak yang ada di Desa Beririjarak, terutama yang ada di Dusun Ambengan. Terdapat sekitar 18 kelompok tani ternak di Desa Beririjarak, dan sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Limbah kotoran ternak yang menumpuk di kandang dan langkanya pupuk kimia yang dibutuhkan oleh para petani menjadi salah satu alasan kuat kegiatan ini dilakukan. 


Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini membuat masyarakat menjadi lebih paham bagaimana cara mengelola dan memanfaatkan limbah kotoran ternak dan sampah organik menjadi pupuk cair, biogas, dan kompos sehingga mempermudah para petani dalam memperoleh pupuk organik cair yang manfaatnya tidak kalah dengan pupuk kimia yang keberadaannya langka saat ini. 


Selain itu, masyarakat juga dapat menjaga dan melestarikan lingkungan di Desa Beririjarak karena pemanfaatan dan pengelolaan sampah yang dilakukan dengan baik.


Masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini merasa sangat terbantu dan berharap ilmu yang diperoleh dapat diterapkan oleh seluruh kelompok tani ternak di Desa Beririjarak. Ketua Kelompok Tani Ternak "Bernong" juga berharap ilmu ini dapat diamalkan ke seluruh kelompok tani ternak yang ada.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments