Dukung SPAM Bendungan Bintang Bano, Pempus Kucurkan 225 M Ke KSB - newsmetrontb

Thursday, March 10, 2022

Dukung SPAM Bendungan Bintang Bano, Pempus Kucurkan 225 M Ke KSB

Sumbawa Barat - Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Pemukiman (DPUPRPP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Syahril, ST., M. Si mengatakan bahwa, dalam mendukung sistem penyedia air minum (SPAM) di bendungan Bintang Bano, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR akan menggelontorkan anggaran sebanyak 225 Milyar ke KSB.

Ia menjelaskan, SPAM adalah suatu sistem yang mengurusi proses penyediaan air minum mulai dari perencanaan sumber air baku (kualitas & kuantitas), termasuk transmisi air baku dari intake (sumber air baku) ke instalasi pengolahan air (IPA) dan teknologi Instalasi Pengolahan Air/ TIPA.

Pelaksanaan anggaran yang satu milyar akan diberikan pada tahun ini. "Untuk tahap awal, pemerintah pusat akan menggelontorkan anggaran satu milyar sampai 225 M dengan 3 tahap," kata Syahril kepada media ini, Kamis, (10/3/2022).

Dia juga menuturkan, memperkuat hal itu akan dilakukan rencana perjanjian kerjasama antara pemerintah daerah dan Kementerian PUPR RI. "Dari anggaran awal tersebut, banyak hal yang akan disiapkan mulai dari perpipaan induk, permesinan dan pipa instalasi," imbuhnya.

Ia berharap dengan adanya SPAM bendungan bintang bano akan membuat Perumda bintang bano menjadi lebih baik, dari ketersedian 150 liter perdetik, ditingkatkan menjadi 400 liter perdetik untuk memenuhi kebutuhan air di kota Taliwang dan Poto Tano. 
@lombokepo Grill Pan Korea Datar Anti Lengket #grillpan #antilengket #shopmaster ♬ suara asli - Lombokepo

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments