Kurangi sampah plastik, Yuk Ngaji Lombok ajak bawa tumbler - newsmetrontb

Monday, January 13, 2020

Kurangi sampah plastik, Yuk Ngaji Lombok ajak bawa tumbler

Mataram - Program Zero Waste atau mengurangi sampah plastik kini mulai menyebar ke seluruh lapisan warga NTB. Komunitas Yuk Ngaji Lombok misalnya,  ternyata juga punya cerita sendiri soal usaha mengurangi sampah plastik bersama jamaahnya. 

Sejak 2018 akhir, Yuk Ngaji Lombok sepakat memulai langkah tersebut bersama-sama. "Kita lihat dakwah, harus bisa menebar manfaat " kata Puji Rabiatussa'adah,  salah satu akhwat anggota Yuk Ngaji Lombok, Senin (13/1/2020).

Puji dan rekan-rekannya kemudian menyadari bahwa dalam sekali kegiatan mereka bisa menghabiskan sekitar 100 botol/ gelas air minum kemasan, dari sebelum hingga setelah acara pengajian. 

Karena alasan itu,  Komunitas Yuk Ngaji kemudian mencoba menularkan kebiasaan mengurangi sampah plastik. Sebagai komunitas Dakwah, mereka meminta agar setiap pengajian (kajian ilmu) para jamaah yang datang membawa "tumbler" sendiri, tim juga senantiasa menyediakan dispenser dan air galon untuk isi ulang. 

Setiap orang juga membawa botol minum masing-masing yang bisa diisi ulang. Kita membawa tumbler sendiri untuk dibawa kemana-mana. Bahkan bikin merchandise untuk tumbler-nya," jelas Puji

Dari langkah tersebut, setidaknya Yuk Ngaji sudah bisa ikut mengurangi sebanyak 100-200 jumlah sampah botol plastik setiap minggunya. Bahkan jika kajian yang menghadirkan ustad dari luar NTB, jamaah bisa membludak hingga 300an. Sehingga jika di total dalam sebulan, mereka sudah bisa mengurangi ratusan bahkan ribuan sampah botol plastik di NTB. 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments