HEADLINE NEWS

Sampah, Bisa Menjadi Emas (Asosiasi Bank Sampah) Lombok Timur

 


Lombok Timur - Di Desa Seruni Mumbul Kecamatan Pringgabaya,Kabupaten Lombok Timur pada Hari Rabu kemarin tanggal 19 Agustus 2020 disalah Satu Penggiat dan Pengelola Sampah Kelompok /Asosiasi Bank Sampah yang Terdiri dari 25 Penggiat Sampah dari berbagai Desa di Lombok Timur, bersama puluhan masyarakat pemulung sampah yang juga ikut hadir pada acara Pertemuan Bank Sampah, dihadiri juga oleh Perwakilan dari Dinas Linglungan Hidup Dan Kebersihan (DLHK) Dan Pegadaian.


Acara Tersebut Digagas dan Adakan Dalam Rangka Sosialisasi Menabung EMAS Dengan Sampah sekaligus Penerimaan bantuan Ember juga karung serta sepatu boot yang di salurkan oleh DLHK Lombok Timur. Dalam petemuan ini sempat hadir juga KETUA GERBANG MAS'MU (Gerakan Bangkit Masyarakat dan Pemuda) Lombok Timur ,yang ikut memaparkan sedikit Gambaran Tentang Sampah juga Lingkungan.


Kegiatan Dan pekerjaan Sampah seperti ini seharusnya mendapat perhatian Besar dari Pemerintah Baik Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi,juga para pihak pemerhati lingkungan,karena tidak sedikit orang yang sudah mulai hilang kesadaran akan betapa Sampah yang ada disekitar kita menjadi suatu Penyakit yang Terkadang banyak orang tidak menyadari itu.


Volume sampah yang ada sangat Besar Di Lombok Timur, mencapai puluhan Ton setiap harinya, Kami Berharap lebih banyak lagi Yang peduli dan mendukung pekerjaan yang kami lakukkan dalam mengelola dan mengolah sampah ini,tujuannya untuk mengurangi volume sampah juga menjadikan sampah yang ada menjadi Emas,dengan Menabung Hasil jual sampah yang terkumpul , baik plastik dan jenis jenis sampah lainnya.


Para pemulung sampah atau masyarakat yang biasanya lalai atau kurang peduli dengan sampah kami Asasosiasi Bank Sampah Lombok Timur mengajak masyarakat utk mengumpulkan sampahnya dan kami siap menjadikannya Uang atau Emas dengan ikut pada Program menabung Emas.


Ibu Titin (Pembina) ,Pak Man (Ketua) Sangat berharap Para Pihak yang berwenang baik Pemerintah Desa juga Daerah bisa bekerjasama dalam pengelolaan juga pengolahan BANK SAMPAH yang sdh lama kami kerjakan bersama 25 anggota Bank Sampah Lainnya.


" Dari Hasil Sampah yang terkumpul kami mampu mengolah dan menjadikan Sampah yang ada menjadi berbagai jenis khiasan,kerajinan juga hal hal bermanfaat yang bisa memiliki nilai jual dan tidak kalah saing dengan kerajinan kerajinan lainnya,Sampah plastik misalnya bisa menjadi ,Pavink blok,Kap Lampu,Tas,piring dan lainnya yang bisa kami ubah menjadi suatu produk yang bernilai dan bermanfaat " ucap Ibu Titin selaku pembina.(LNG04) 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *