Moment May Day Di KSB, Dirangkaikan Pembentukan Posko THR - newsmetrontb

Saturday, May 1, 2021

Moment May Day Di KSB, Dirangkaikan Pembentukan Posko THR


Sumbawa Barat
- Peringatan hari buruh sedunia (May Day) di Kabupaten Sumbawa Barat, dilaksanakan secara sederhana dan melibatkan semua pihak dengan membahas terkait permasalahan ketenagakerjaan.

Pelaksanaan may day tahun 2021 saat ini, dihajatkan untuk merayakan hari buruh sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2021. Serikat pekerja/Serikat buruh perlu memiliki wadah untuk menyampaikan aspirasi dalam rangka penataan masalah ketenagakerjaan yang sangat kompleks di KSB, maka dari itu Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat hadir untuk memfasilitasi perayaan may day 2021 dengan kegiatan positif, mengingat saat ini kita dalam situasi penanganan pandemi covid-19 dan bulan suci ramadhan.

Hadir dalam acara tersebut yaitu, Pj. Sekda yang diwakili asisten III Agus Hadnan, S. Pd, Wakapolres Sumbawa Barat dan jajaran, Disnaker KSB Tohirudin, SH (bidang HI dan perlindungan), Disnaker Provinsi NTB Edi Sofian Gole, kepala Balai pengawasan Norma dan K3 Pulau Sumbawa dan jajaran pengawas ketenagakerjaan, Ranjuliarda sekretaris DPC SPN Sumbawa Barat beserta anggota, Zainuddin dan Rob Facruddin PC. SPSI Sumbawa Barat beserta anggota, Andre Mawo gili & Agus Kurniawan DPI SPAT Samawa beserta anggota.

Ada juga Malikurahman ketua SBSI Sumbawa Barat beserta anggota, SP PLTU Kertasari, Livi Olivia PT. Amman Mineral Nusa Tenggara, Johan untung PT. Trakindo Utama, Panti asuhan baitijannati (pakirum) untuk buka puasa bersama (40 orang), Camat se KSB, Pekerja/buruh non serikat pekerja/Serikat buruh (tambang & non tambang) sebanyak 20 orang.

"Acara may day 2021 dilaksanakan secara diskusi dan santai di vescobar Cafe & Resto Kecamatan Taliwang KSB," jelas Tohiruddin, SH Kepala Bidang HI dan perlindungan tenaga kerja Naker KSB kepada media ini, (2/5).

Ia menjelaskan, peringatan may day dilakukan dengan berbagai kegiatan positif yakni, ngabuburit, pembagian takjil dan masker kepada masyarakat, buka puasa bersama pemda KSB, Polri, Serikat pekerja/Serikat buruh, pengusaha serta hiburan (musik) dan doorprize. 

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan SK dan spanduk pembentukan cabang posko konsultasi/aduan pembayaran THR keagamaan kepada Camat se KSB dan ketua serikat pekerja/serikat buruh yang tercatat pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi KSB. "Untuk tahun 2021, Kita merangkul semua pihak agar bersama-sama melakukan pemantauan sekaligus mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat di setiap Kecamatan," tutur Tohir.

Mengambil momentum may day 2021, pemerintah melalui Naker KSB, Serikat pekerja/Serikat buruh menyampaikan turut berduka cita terkait kecelakaan kerja yang merenggut nyawa salah satu pekerja/buruh di lokasi tambang batu hijau. 

Kegiatan itu diakhiri dengan pemberian bantuan atau santunan lepas kepada anak-anak panti asuhan dan diskusi teknis antara Naker KSB, Naker Provinsi melalui Balai pengawasan norma dan K3 pulau Sumbawa, serikat pekerja/serikat buruh untuk menyerap aspirasi, isu-isu Naker dan update pelaksanaan pemeriksaan khusus pengawas terkait kecelakaan kerja di batu hijau. (LNG05)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments