Mahasiswa KKN Tematik Unram Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana Bersama BPBD Lombok Tengah - newsmetrontb

Friday, February 11, 2022

Mahasiswa KKN Tematik Unram Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana Bersama BPBD Lombok Tengah


Lombok Tengah - Kuta (18/01/2022) Digelar sosialisasi mitigasi bencana banjir di Aula Kantor Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah dengan tema “Upaya Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Banjir Di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah”. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Kuta (Mamiq Mirate) dan dihadiri oleh seluruh Kepala Dusun Desa Kuta beserta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah yakni L. Sri Kartanayang, SH.

Kegiatan ini merupakan salah satu program utama dalam program kerja kelompok KKN Tematik Universitas Mataram Desa Kuta dengan tema Desa Tangguh Bencana. Sosialisasi ini dilaksanakan agar meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran masyarakat Desa Kuta terhadap bencana banjir dikarenakan daerah di Desa Kuta merupakan daerah yang diapit oleh perbukitan dan laut sehingga rawan terkena banjir.


Berdasarkan yang disampaikan oleh Bapak L. Sri Kertanayang, SH., ada beberapa cara upaya untuk mengurangi dampak banjir yaitu:

1.    Menjaga lingkungan sekitar.

2.    Menghindari membuat rumah di pinggir sungai.

3.    Membuang sampah pada tempatnya.

4.    Rajin membersihkan saluran sungai.

5.    Melaksanakan program tebang pilih dan reboisasi tepi sungai.

6.    Kearipan lokal.


Banjir terbagi menjadi 3 jenis yakni banjir musiman, banjir bandang dan banjir pantai/pesisir. Banjir musiman yakni banjir yang datang setiap musim hujan dikarenakan setiap musim hujan kapasitas air yang turun lebih banyak dibandingkan musim lainnya. Banjir bandang atau air bah adalah banjir besar yang datang secara tiba-tiba dengan meluap, menggenangi, dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar. Banjir ini terjadi secara tiba-tiba di daerah permukaan rendah akibat hujan yang turun terus-menerus. Dan yang terakhir yakni banjir pantai atau rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai


Selama kegiatan sosialisasi ini digelar, para hadirin yang hadir dalam kegiatan ini sangat intens mendengarkan dan menanggapi apa yang disampaikan oleh BPBD Kabupaten Lombok Tengah.  Setelah penyampaian materi diadakan sesi tanya jawab guna memberikan ruang diskusi antara narasumber dan peserta yang hadir selama kegiatan sosialisasi berlangsung.


Setelah sesi tanya jawab selesai dilaksanakan BPBD Kabupaten Lombok Tengah menyampaikan Closing Statement untuk mengakhiri sosialisasi dan dilanjutkan dengan pemberian plakat kepada pemateri oleh Mahasiswa KKN Tematik Desa Kuta Universitas Mataram kepada BPBD Kabupaten Lombok Tengah yang diserahkan melalui Kepala Desa Kuta yakni Mamiq Mirate. Setelah itu diakhiri dengan foto Bersama.

@lombokepo Grill Pan Korea Datar Anti Lengket #grillpan #antilengket #shopmaster ♬ suara asli - Lombokepo

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments