Mantap!! Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Terjun Langsung Memasarkan Madu Trigona di Acara Bazar Car Free Day (CFD) - newsmetrontb

Tuesday, February 15, 2022

Mantap!! Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Terjun Langsung Memasarkan Madu Trigona di Acara Bazar Car Free Day (CFD)


Mataram - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TEMATIK-UNRAM-DESA-KARANG-BAJO 1 terjun langsung melakukan pemasaran madu trigona pada acara bazar di Udayana  atau sering di sebut Car Free Day (CFD), CFD biasanya diadakan pada minggu  mulai dari jam 06.00-10.00, kegiatan ini dilakukan guna memperkenalkan produk madu trigona dari Lombok Utara kepada masyarakat kota Mataram dan sekitarnya. 


Biasanya pada Minggu pagi terdapat ribuan pengunjung yang memadati jalan Udayana, kota Mataram, ada yang sedang berjalan-jalan, ada yang sedang berlari kecil, ada yang berolahraga, ada yang  bersepeda, dan tentu saja ada yang berjualan berbagai macam mulai dari makanan, minuman dan lain sebagainya.


Momen tersebut dimanfaatkan oleh kelompok KKN Tematik UNRAM untuk mengenalkan produk madu Trigona khas Lombok Utara. Pengenalan produk merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan  madu Trigona. Selain itu, Tujuan utama dari kegiatan pemasaran ini untuk mengetahui respon masyarakat terkait keberadaan madu Trigona yang khasiatnya bagus untuk kesehatan. Respon masyarakat berbeda-beda ada yang Tertarik, ada yang baru mengetahui, ada yang terkejut karena Rasa madu  yang kecut berbeda dari madu pada umumnya.


Madu Trigona sendiri merupakan madu yang dihasilkan dari Spesies lebah yang tidak bersengat, sering kali disebut lebah klanceng atau lebah kelulut, spesies lebah jenis ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari apis (tawon) yang biasa dikenal. Madu yang dihasilkan dari spesies lebah ini kecut dan asam yang berbeda dari madu biasanya.


Produk yang dihasilkan dari lebah tanpa sengat ini diantaranya adalah propolis, bee bread (polen), dan madu. Produk utama yang paling banyak dihasilkan adalah propolis. Lebah jenis ini juga menghasilkan madu yang memiliki rasa asam dan sedikit pahit akibat campuran dari propolis dan polen yang dihasilkannya. Rasa dari madu tersebut tergantung dari pakan yang dikonsumsi oleh lebah. 


Selain itu, madu Trigona memiliki kandungan semacam vitamin, mineral, senyawa fenol, antioksidan tinggi dan berbagai enzim yang sangat lengkap, dipercaya memiliki manfaat yang lebih unggul dari madu jenis lainnya.


Kegiatan pengenalan produk secara offline ini merupakan salah satu program kerja utama dari KKN Tematik UNRAM desa Karang Bajo 1 dengan tema Desapreneur, yang dimana kami fokus pada pengembangan usaha madu Trigona dan Teknik Pemasaran madu Trigona. Untuk itu kami mengadakan kegiatan pemasaran untuk merealisasikan program kerja tersebut. 




Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments