HEADLINE NEWS

Intensitas Hujan Tinggi, Banjir Dan Pohon Tumbang Menimpa Rumah Warga


Sumbawa Barat
- Akibat diguyur hujan 2 Kecamatan ini terjadi bencana banjir, pohon tumbang dan tiang listrik jatuh. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa Barat telah melakukan pendataan terhadap korban Banjir yang terjadi di Kecamatan Maluk dan pohon tumbang yang terjadi di Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.

Kronologi terjadinya banjir, Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di Sumbawa Barat, hujan terus menerus terjadi dari pukul 01.00 Wita sampai pukul 03. 00 Wita dini hari di Kecamatan Maluk, Mengakibatkan terjadinya banjir pada beberapa wilayah seperti di Desa Benete, dusun Maluk, dan Desa Mantun terendam banjir.

Banjir merendam kurang lebih 130 rumah dan fasilitas perkantor. Namun hal ini tidak menimbulkan kerusakan," jelas Plt. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Yuliyana, ST. M.Eng kepada media ini," Jum,at (15/1).

Ia mengatakan, Mengetahui hal tersebut, BPBD KSB mengambil tindakan yaitu tim BPBD melakukan monitoring kejadian melalui seluler agar kejadian bencana dapat terpantau sebelum mengevakuasi dan tim juga mengecek lokasi banjir.

Selain BPBD, Camat Maluk, Babinsa, Babinkantibmas dan masyarakat langsung melakukan pembersihan lokasi.

"Logistik yang dibutuhkan saat ini oleh korban banjir yakni Makanan cepat saji dan selimut," tuturnya.

Selain itu, Ada kejadian sekitar jam.03.30 telah terjadi roboh 2 tiang listrik beton di lokasi Poto Batu yang mengakibatkan pemadaman listrik di wilayah Jereweh, Maluk dan Sekongkang. Posisi tiang yang roboh menghalangi sebagian besar ruas jalan utama akses Taliwang Jereweh dan Maluk. Sehingga arus lalu lintas terganggu.

 Kejadian selanjutnya, Sambung Yuli, Ada pohon tumbang pada pukul 07.05 Wita di RT. 22 lingkungan Pakirum Kelurahan Sampir, Pohon tersebut menimpa salah satu rumah warga atas nama Bahran dan syukurnya tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. 

Saat ini tim TRC BPBD, Babinsa, Babinkantibmas dan masyarakat sekitar lokasi sedang mengevakuasi dan memangkas serta membersihkan pohon tumbang di tempat lokasi kejadian.

Anggota yang terlibat dalam bencana ini, Anggota TRC BPBD Sumbawa Barat, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan masyarakat sekitar lokasi.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Contact Form

Name

Email *

Message *